Posted by: biru langit | 10/05/2009

AYO..AYO.. ADA INFO SERU DARI PAK BAMBANG TRIM

TEROBOASN MENULIS (LAGI) DARI SALAMADANI LEARNING CENTER!

“Menulis bukan bakat; menulis adalah keterampilan hidup. Siapa pun yang menguasai keterampilan menulis pada abad informasi dan kemajuan teknologi saat ini, dijamin hidupnya penuh kemudahan dan kariernya siap melejit melampaui mereka yang hanya fasih berbicara. Karena itu, jangan main-main dengan keterampilan MENULIS!” — Bambang Trim, Direktur Penerbit Salamadani dan CEO Dixigraf Publishing Service

Bagaimana jika virus menulis diinjeksi ibarat vaksin kepada pendidik dan anak didik kita, juga kepada mereka yang bergiat di bidang minat baca serta minat menulis? Dapat dipastikan Indonesia akan banyak memiliki orang-orang ‘bersenjata’ pena dengan ketajaman pemikiran dan kedigjayaan wawasan. Salam Learning Center (SLC) sebagai pusat pelatihan keterampilan bidang penerbitan-perbukuan menaruh kepedulian terhadap hal ini.

Setelah sukses menyelenggarakan acara “Beasiswa Karya Terobosan”, “Pelatihan Menulis Buku Anak Nonfiksi Metode Matriks”, “Pelatihan Bagaimana Buat Buku Bagus (B4)”, dan berbagai gelaran wisata buku untuk siswa serta mahasiswa, kini SLC kembali berkiprah. Wujudnya ….

Terobosan Salam Learning Center

Kembali Salamadani membuat program terobosan untuk mendukung pembangunan masyarakat membaca dan masyarakat menulis (reading & writing society). Program ini adalah pelatihan dasar menulis berbiaya murah dengan benefit luar biasa. Program hanya khusus diperuntukkan bagi sekolah/pesantren/madrasah (guru dan siswa/santri), perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa), komunitas literasi (klub buku dan perpustakaan), asosiasi guru/dosen dengan sistem pelatihan kolektif.

Program Terpilih

1. Dasar Penulisan Buku Anak Kategori Fiksi
2. Dasar Penulisan Buku Anak Kategori Nonfiksi
3. Dasar Penulisan untuk Anak dan Remaja
4. Dasar Penulisan Akademis (Basic Academic Writing)
5. Dasar Wirausaha Menulis (Entrepreneur Writer)
6. Dasar Penulisan dan Penyuntingan (Basic Writing-Editing)

Poin 1,2, 4, 5 dan 6 dapat diikuti oleh guru/dosen, siswa/santri SMA/MA/mahasiswa, anggota komunitas/asosiasi.
Poin 3 khusus diikuti oleh anak (SD/MI kelas tinggi: 4-6) dan anak SMP/MTs.

Program pelatihan menggunakan standar kurikulum/pelatihan menulis internasional: prewriting, drafting, revising, editing, dan publishing. Metode pelatihan merupakan gabungan teori dan praktik.

Fasilitator:
> Bambang Trim; penulis lebih dari 100 judul buku, editor lebih dari ratusan karya penulis, serta praktisi perbukuan Indonesia yang telah menekuni bidang perbukuan selama 15 tahun.
> Tasaro GK: penulis fiksi berbakat penghasil karya best seller, mantan jurnalis di Group Jawa Pos, kini menjabat sebagai Chief Editor di Salamadani.
> Ali Muakhir: penulis buku anak paling produktif peraih Rekor MURI, pendiri jasa penerbitan Line Production, dan menjadi editor ahli di Salamadani.
> Krisna: editor buku anak dan mantan jurnalis di MQ Media khusus anak, penulis beberapa karya untuk anak.
> Ely Syarifah: editor karier dan dosen editing di Universitas Padjadjaran, kini menjadi senior editor di Salamadani.

Biaya Murah dan Multibenefit

Belum ada pelatihan menulis berkualitas, bersertifikat, dan berpeluang seperti Program Salam Learning Center. Pembiayaan dilakukan secara kolektif sebagai berikut:

1. Kelas DPBA Fiksi Rp3.000.000 untuk peserta maksimal 25 orang
2. Kelas DPBA Nonfiksi Rp3.000.000 untuk peserta maksimal 25 orang
3. Kelas DPAR Rp2.500.000 untuk peserta maksimal 20 orang
4. Kelas DPAW Rp3.000.000 untuk peserta maksimal 25 orang
5. Kelas DWM Rp3.000.000 untuk peserta maksimal 25 orang
6. Kelas DPP Rp3.000.000 untuk peserta maksimal 25 orang

Multibenefit:
1. Biaya pelatihan kolektif tergantikan dengan buku senilai @Rp100.000 untuk 20-25 orang peserta.
2. Peserta mendapatkan sertifikat resmi dari Salam Learning Center dan materi tercetak (handout).
3. Peserta akan mendapatkan kiriman artikel penulisan-penyuntingan setiap minggu selama Oktober-November 2009 via email.
4. Peserta berhak mendapatkan 2 kupon Dinar Salam berupa potongan harga 30% apabila berbelanja buku-buku terbitan Salamadani di Salam Book House senilai Rp50.000 ke atas.
5. Peserta berhak mendapatkan CD materi pelatihan dalam format pdf seharga Rp20.000.
6. Peserta terbaik mendapatkan bingkisan buku senilai Rp100.000 dari Penerbit Salamadani.
7. Kunjungan ke penerbitan-percetakan-jasa penerbitan-toko buku untuk melihat secara langsung bisnis penerbitan (khusus penyelenggaraan di Salam Book House).
8. Ilmu dan keterampilan penulisan-penyuntingan langsung dari ahlinya dan kesempatan berkonsultasi terbuka luas.

Buku Pokok Pelatihan:
1. Favorite Stories for Boys karya Ali Muakhir
2. Favorite Stories for Girls karya Ali Muakhir
3. Monomo karya Tasaro
4. Kisahku karya Tim Penulis Salamadani
5. My Story karya Tim Penulis Salamadani
6. Jangan Mau Gak Nulis Seumur Hidup karya Gola Gong
7. Taktis Menyunting Buku karya Bambang Trim

Tempat, Waktu, dan Durasi

Peserta secara kolektif dari satu sekolah, PTN/PTS, komunitas literasi, ataupun asosiasi lewat koordinator mengajukan surat permohonan penyelenggaraan pelatihan SalaMenulis dengan ketentuan tempat sebagai berikut:
> Tempat dapat disediakan oleh Salam Learning Center di Salam Book House dengan biaya gratis (fasilitas: LCD, ruang berpendingin, dan kapasitas memadai untuk 20-25 orang).
> Tempat dapat disediakan oleh peserta (in-house) dengan biaya tambahan untuk akomodasi (transportasi) fasilitator sebesar Rp300.000 untuk wilayah Bandung dan Rp600.000 untuk wilayah Jakarta.

Waktu pelatihan untuk program ini hanya berlaku pada Oktober-November 2009 dengan penyelenggaraan maksimal 4 program dalam satu minggu. Durasi pelatihan efektif adalah 4 jam (half day) untuk setiap program.

Syarat dan Ketentuan

1. Peserta secara kolektif lewat koordinator mengirimkan surat permohonan, berikut waktu dan tempat serta daftar peserta melalui email ke redaksi@penerbit-salamadani.com atau faks ke 022-5221670.
2. Peserta melakukan pembayaran biaya training sesuai dengan program yang dipilih berikut tambahan biaya akomodasi jika penyelenggaraan secara in-house setelah ada konfirmasi waktu dan tempat dari Pihak Salamadani.
3. Peserta maksimal 20-25 orang, tidak diperkenankan melebihi kuota peserta. Peserta yang kurang dari kuota 20-25 orang tetap dibebankan biaya yang sama.
4. Untuk penyelenggaraan in-house di tempat peserta atau di tempat lain, Salam Learning Center diperkenankan gelar meja (open table) untuk menjual produk-produk buku Salamadani.
5. Permohonan disampaikan selambat-lambatnya satu minggu sebelum tanggal pelaksanaan.
6. Salam Learning Center (SLC) menyediakan fasilitas gratis untuk ruang pelatihan dan perangkat audio visual (LCD projector). SLC tidak menyediakan minuman dan makanan ringan selama pelatihan. Untuk itu, peserta dapat membawa sendiri atau membeli di sekitar Salam Book House. Peserta juga disarankan membawa laptop/notebook jika memiliki.
7. Salam Learning Center menyediakan sertifikat resmi dan bahan training tercetak (hardcopy). SLC tidak melayani copy file melalui flash disk. Bahan lengkap dalam format pdf disediakan dalam bentuk CD dengan harga Rp20.000.
8. Sesi pelatihan diperkenankan untuk direkam secara audio-visual dengan mempertimbangkan kenyamanan peserta yang lain.
9. Pelatihan hanya diperuntukkan bagi sekolah, perguruan tinggi, komunitas literasi, klub buku, perpustakaan, dan asosiasi guru/dosen. SLC hanya melayani surat resmi dari institusi/lembaga/asosiasi dengan alamat lengkap dan jelas.

Catatan: untuk sementara program ini hanya mencakup wilayah Bandung dan Jakarta.

Peluang Berbagi Melalui CSR

SLC membuka program ini bagi perseorangan maupun perusahaan (BUMN/Swasta) yang ingin berbagi guna menghadiahkannya kepada sekolah, perguruan tinggi (fakultas/jurusan), komunitas, dan asosiasi guru/dosen terpilih sebagai wujud tanggung jawab sosial. Para alumni dari satu sekolah ataupun perguruan tinggi dapat mempersembahkan program ini kepada almamaternya. Perusahaan dapat menjadikan program ini sebagai program CSR berkualitas dan berbiaya murah.

Informasi Lebih Lanjut:
1. Buka akses ke www.penerbit-salamadani.com
2. Hubungi Farah/Nunung di 022-5222052

:Copyright 2009 oleh Bambang Trim.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: