Posted by: biru langit | 06/24/2009

3 day’s in sunny June(1)

Bandung tak bersahabat denganku. entah mungkin karena dari berangkat aku kurang istirahat juga. setelah pelatihan 3 hari di salamadani aku langsung sakit. rencananya senin pagi langsung masuk karena dua hari kemarin sudah cuti. tapi apa mau dikata. kepalaku pusing banget,udah gitu campur mual. terpaksa ya nggak masuk lagi.hari ini badan sudah agak enakkan.mumpung sudah enakkan sekalian posting

kmkt04

Gak rugi deh pokoknya. banyak banget ilmu yang bisa ditimba dari mentor-mentor yang yahud.Gak cuma itu, ternyata berbagi pengalaman dengan teman-teman yang lain sesama peserta juga tak kalah hebatnya. banyak kisah-kisah yang menginspirasi.mungkin bisa dijadikan cerita.

hari pertama(Jum’at, 19 juni 2009) dibuka dengan tema selamat datang fiksi bersama mas Tasaro.dari trik-trik menulis, membuat kalimat pertama yang menarik. sehingga editor yang dalam hal ini adalah pembaca pertama kita tertarik untuk terus membaca tulisan kita. atau membuat alur yang berbelit-belit. saya yang memang masih mentah dalam dunia kepenulisan, seakan dipaksa membuka mata lebar-lebar. ada langkah membuat naskah kita layak dibaca. penulis harus bisa menjawab 7 pertanyaan. sekaligus itulah pe-er untuk ke 15 peserta yang harus dipresentasikan dihari terakhir nanti. duh…

disesi kedua, giliran mas Ali muakhir menerangkan seputar anatomi buku. tak cuma mengulas seperti apa buku yang bagus itu. mas Ali yang belum lama ini menerima penghargaan muri juga berbagi pengalaman seputar editing. ternyata mengedit satu naskah susahnya minta ampun.lelah iya, capek sudah tentu. tetapi setelah buku itu terbit. pernah nggak sih nama editor disebut-sebut.hampir nggak pernah. jadi kalau ada buku bagus dan best seller, pasti nama penulisnya yang disebut-sebut. tapi kalau gak bagus, seringnya sang editor yang disebt-sebut. kalo dipikir-pikir iya juga sich.

sudut mess LAPAN

selesai pelatihan hari pertama. aku harus menuju mess LAPAN. gak tahu tuch dimana tadinya. tahunya hanya dekat dari stadion Persib. thanks to Adhy yang udah nganterin walaupun sambil lupa-lupa ingat…kuburan kali… :-d


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: