Posted by: biru langit | 06/06/2009

Berwisata di salam book house

sebetulnya postingan ini boleh dibilang agak telat. tapi mau gimana lagi, saya baru sempat lagi pergi ke warnet.

selamat datang

mendapat undangan ke grand launching SBH (Salam Book House…. bukan SBY loh) merupakan satu pengalaman yang sangat berharga. selain karena mendapat kesempatan mendapatkan beasiswa menulis dengan mentor-mentor hebat. (saya yakin akan mendapat banyak sekali ilmu dari beliau2).
juga bisa bertemu dengan beberapa tokoh yang sangat menginspirasi.

the fikr

disambut nasyid the fikr yang terdengar mengalun merdunya sampai jalan soekarno-hatta. saya tergopoh-gopoh turun dari angkot merah 05 Cibaduyut – Cicaheum. tadinya berpikir, pasti saya sudah terlambat sekali. berhubung acara menurut yang tertulis di surat undangan dimulai jam 09:00 wib. sedangkan jam di handphone saya menunjukkan angka 09:35 wib (saya tidak terlalu suka memakai jam tangan).

senyum ramah para panitia meyakinkan saya, kalau saya belum terlalu ketinggalan acaranya. duduk manis di deretan yang kosong. tengok kanan kiri tak ada satu pun wajah yang saya kenal. (berharap ada teman-teman FLP yang mengenal saya/ atau saya kenal).
sambil mengikuti jalannya acaranya.

ternyata konsep rancangan Salamadani sangat inovatif. gak salah dengan ciri khas kota peuyeum Bandung yang terkenal dengan kota yang penuh Kreatifitas. selain menyediakan fasilitas book store, book learning center, book publishing, book printing, book service dan book study. fasilitas salambook house tersebut berkaitan erat dengan wisata ruhani di masjid Darussalam dengan program unggulannya Majelis iqra darussalam (MISQAD). beberapa kali pernyataan H. syaifullah sirrin preskom Salamadani menegaskan bahwa sebetulnya masjid Darussalam lah peletak dasar dari tujuan utamanya. yaitu menjadikan kawasan Jl. Pasir Wangi menjadi area pengembangan pendidikan berbasis islam.

setelah seremonial dengan pemotongan pita dan penandatanganan batu. para undangan yang hadir diajak untuk berwisata di salam Book House. sisa-sisa bunga melati yang terlepas dari untaian pita bunga bertebaran di pintu masuk SBH. (semoga menyimbolkan kalau SBH akan harum sepanjang masa, Aminnnn)

didin hafiudin

pita1

memasuki Salam Book House membuat saya serasa gila. sungguh!
begitu setiap kali saya melihat deretan buku-buku yang dipajang diatas rak-rak dengan rapi. hati saya berdesir-desir dipenuhi gairah. ada binar-binar yang menyinari setiap buku yang saya lihat, seakan-akan mereka berkata. “buka aku, buka aku, pilih aku,pilih aku, baca aku,tidak aku dulu, aku yang lebih tebal, tidak aku tipis tapi lebih santai…” rasanya mereka berebut saling menjagokan diri, ingin dibaca lebih dahulu.

rasa iri sekilas berkelebatan dihati saat membaca nama-nama penulis terkenal yang menghiasi cover-cover buku-buku yang dipajang. tak ada namaku disana.

biru langit,
biru cerah tanpa awan
terang,
tapi meneduhkan mata yang memandang

tapi segera saja hentakan lembut di dada mengingatkan, membuat saya merasa sangat malu. semua tadi sangat tak pantas buatku. karena saya bukan apa-apa.

hanya awan yang tercerai dari kumpulan
mencoba mewujudkan mimpi

sementara di press room, pihak panitia mengadakan acara konfrensi press dengan beberapa perwakilan penerbit dan wartawan. saya masih berpuas-puas diri berkeliling diantara rak-rak buku dan pengunjung yang berjubel.

DSC00028

DSC00026

rasanya tak ada puasnya kalau bisa membaca semua buku yang dipajang. seperti melepas dahaga dengan air laut. tak akan bisa kenyang karena kita akan terus meminta lagi dan lagi.
selamat buat salamadani, Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.


Leave a Reply

Categories

