Posted by: biru langit | 03/28/2009

contreng mencontreng…..

di berbagai media diributkan dan gak henti-hentinya dibahas tentang menggelembungnya DPT alias daftar pemilih tetap, yang rasanya makin mawut. lah kayaknya masalah ini sudah klasik banget deh.

belum selesai masalah penggelembungan daftar pemilih karena pemilu keburu berlangsung. pasti bakalan ribut-ribut lagi, bukan karena caleg favorite gak dapat suara loh…., banyak orang lupa. selain masalah penggelembungan DPT. ada satu hal lagi yang biasanya baru muncul setelah pemilu mulai. yaitu banyaknya penduduk yang tidak terdaftar sebagai pemilih.

di komplek perumahaan tempat saya tinggal dipemilu-pemilu sebelumnya banyak banget yang gak dapat hak pilih. padahal sudah bertahun-tahun tinggal dan punya kartu penduduk. bisa dilihat dari pemilihan gubernur dan bupati. anehkan kalau cuma suaminya saja yang dapat kartu sedang istrinya tidak.

sempet saya bertanya ke orang-orang, “kok nggak lapor mas?”
“ah males, sebab udah beberapakali lapor tapi tetap saja tak ada tanggapan”. dan akhirnya ini membuat masyarakat menjadi antipati karena masyarakat merasa tidak dipedulikan. coba saja tanya “eh mas pemilu nanti nyontreng nggak?”. pasti jawabannya gak jauh dari gak peduli atau pun memilih gak ikut atau memilih jadi golput.tuh parah banget kan…

sebetulnya yang bikin bingung n jadi bahan pertanyaan. seperti apa sich sistem pendataan penduduk untuk DPT di kita ini. dulu seingatku ke tiap-tiap rumah didata. kalo sekarang sama sekali gak ada. please dong pemerintah, jangan jadikan rakyatmu semakin gak peduli…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: