Posted by: biru langit | 02/11/2009

TENTANG ERMA YULIHASTIN:ketua, suhu sekaligus motornya FLP Bogor

sekar-erma
tentang Erma Yulihastin
Lahir dari pasangan Misnur Syamin (Almarhum) dan Umi Kulsum (Almarhumah) pada tanggal 4 Juli 1979 di Lamongan, Jawa Timur. Bungsu dari dua bersaudara ini menamatkan sekolah hingga SMU di Lamongan. Pelajaran yang digemarinya adalah Fisika dan Matematika. Penyuka soto Lamongan ini juga senang menulis karangan dan puisi sejak masih SD.

Pada tahun 1997 ia melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung Jurusan Geofisika dan Meteorologi. Semasa kuliah ia aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Keluarga Mahasiswa Islam ITB (Gamais ITB), Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB), dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Ketika menjadi mahasiswa, tulisan-tulisannya tersebar di Harian Umum Pikiran Rakyat dan media internal organisasi kemahasiswaan.

Wanita yang suka berenang dan bersepeda ini menamatkan kuliah tahun 2002. Istri dari Setyardi Widodo ini pernah bekerja sebagai Reporter Majalah Properti Indonesia dan Tempo News Room hingga 2004.

Ia berhenti bekerja setelah melahirkan puteri pertamanya Sekar Nabila Inspirana. Di tengah kesibukannya merawat bayi, perempuan berdarah Sumatera-Jawa ini tidak berhenti menulis. Artikelnya tentang perawatan anak pernah dimuat di Tabloid Nakita. Dan cerpen-cerpennya dimuat di Majalah Ummi dan Majalah Sabili. Karena keinginannya yang kuat untuk terus berkarya melalui tulisan, ia bergiat di Forum Lingkar Pena (FLP) sejak tahun 2006. Dan pada tahun 2007, ia menjabat sebagai Ketua FLP Kabupaten Bogor.

Sejak Januari 2008 ia mulai bekerja di LAPAN Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional sebagai (Pembantu) Peneliti Bidang Pemodelan Iklim Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim. Bersama tim penelitian di Bidang Pemodelan Iklim, ia meneliti teknik asimilasi data yang digunakan untuk meningkatkan model atmosfer Indonesia.

Saat ini Erma tinggal di Bandung. Komunikasi dengannya dapat dilakukan melalui email: erma_yulihastin@yahoo.com.au.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: